Pages

Ads 468x60px

Senin, 18 Juni 2012

Pengertian dan Ruang lingkup Riset Pemasaran

Menurut American Marketing Association, riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat untuk pemasar melalui informasi-informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang serta masalah pemasaran, menghasilkan, menyempurnakan, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, memonitor kinerja pemasaran, dan meningkatkan pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.

Riset pemasaran adalah analisis masalah sistematis, bangunan model dan pencarian fakta untuk tujuan pengambilan keputusan penting dan kontrol dalam pemasaran barang dan jasa.


Riset pemasaran adalah program yang terencana, proses yang sistematis yang menyiratkan bahwa perlu perencanaan di semua tahapan. Riset pemasaran menggunakan metode ilmiah, proses yang obyektif karena upaya untuk memberikan informasi otentik akurat. Riset pemasaran kadang-kadang didefinisikan sebagai penerapan metode ilmiah dalam pemecahan masalah pemasaran.

Riset pemasaran berperan penting dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan baik. Tugas utama riset pemasaran adalah pengumpulan sistematis dan analisis informasi.

Riset pemasaran sangat penting untuk perencanan pasar setrategis dan pengambilan keputusan. Membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang dan kendala, dalam mengembangkan dan menerapkan strategi pasar, dan dalam mengevaluasi efektivitas rencana pemasaran.

Riset pemasaran adalah kegiatan yang berkembang dan banyak digunakan, sebagai penjual anda perlu tahu banyak tentang konsumen ahir dari produk anda, konsumen terahir disini adalah user. Anda harus tahu siapa konsumen anda, dan karakteristik dari konsumen anda, apabila anda tidak bisa memahami calon konsumen anda bisa jadi barang anda tidak laku dipasaran.

Riset pemasaran mencakup berbagai prinsip yang penting untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi manajer. Prinsip-prinsip ini berhubungan dengan ketepatan waktu dan pentingnya data, pentingnya menentukan tujuan, hati-hati dan jelas, serta harus menghindari membuat penelitian guna mendukung keputusan yang sudah dibuat.

Kegunaan riset pemasaran bagi :
1. Produsen 
a. Untuk mengetahui potensi tentang produknya.
b. Menciptakan produk baru.
c. Untuk mengetahui merek-merek yang ikut bersaing dalam produk sejenis.
d. Untuk mengetahui harga, kualitas dari produk sejenis.
e. Untuk mengetahui struktur pasar dan strategi pemasaran produk, dan lain sebagainya.

2. Pemerintah
a. Penentuan poduk nasional bruto, Indek harga dan pendapatan perkapita.
b. Tingkat pengeluaran dan penganggaran.
c. Menetapkan kebijakan ekonomi pemerintahan.
d. Operasional dan perencanaan bisnis dan industri.

3. Agen riset pemasaran 
Riset pemasaran sedang digunakan secara luas oleh para profesional untuk membantu melakukan berbagai penelitian dalam riset pemasaran. lembaga riset pemasaran yang menonjol sebagai berikut:
a.   Linta India Ltd
b.   British Market Research Bureau (BMRB)
c.   Hindustan Thompson Associate Ltd
e.   MARG

4. Manajer
digunakan untuk mengambil keputusan dan setrategi yang diharapkan akan berguna dan membantu dalam proses pencapaian tujuan perusahaan.





2 komentar: