Pages

Ads 468x60px

Selasa, 26 Juni 2012

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bukan sekedar pengiriman pesan atau pesan itu sendiri. Inti dari komunikasi adalah saling tukar pemahaman saling memahami maksud dari pesan yang disampaikan. Dalam bisnis, komunikasi harus efektif, komunikasi merupakan inti dari manajemen.

Fungsi dasar manajemen ( planing, organizing, staffing, directing, controlling ) tidak dapat dilakukan dengan baik tanpa komunikasi yang efektif. Komunikasi bisnis melibatkan aliran informasi yang konstan. Umpan balik adalah bagian integral dari komunikasi bisnis.



Komunikasi berperan sangat penting dalam proses memimpin dan mengendalikan orang dalam organisasi, umpan balik dapat diperoleh sehingga dapat menghindari kesalah pahaman dalam penerimaan pesan yang disampaikan. Tugas pemimpin adalah memerintah dan mengarahkan anggota agar melakukan hal-hal yang bermanfaat dan dapat mencapai tujuan organisasi.

Misalnya : seorang pemimpin negara dia harus rajin berkomunikasi dengan menteri-menterinya, hal ini diharapkan agar tugas yang diberikan pada menteri benar-benar dijalankan dan sesuai dengan komando dari pemimpin negara. feedback yang terjadi saat komunikasi sangat diharapkan, sehingga pemimpin mengetahui sejauh mana tugas yang telah diberikan pada menteri-menterinya telah dilaksananakan. Pemimpin mempunyai  kekuatan untuk mempengaruhi dan menyuruh bawahannya untuk malakukan tugas yang diperintahkan. Seorang pemimpin yang baik tidak boleh lepas tangan dari kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya. apabila terjadi kesalahan mutlak itu kesalahan pemimpin, karena mungkin terjadi komunikasi yang kurang efektif, control yang longgar, dan kesalahan dalam pemilihan anak buah. Setidaknya bila pemimpin itu baik dan cerdas dia tidak malu mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas kesalahan anak buahnya.

0 komentar:

Posting Komentar