Pages

Ads 468x60px

Minggu, 09 September 2012

Manajemen Produksi

Agar perusahaan dapat berkembag seiring berjalannya waktu , perusahaan dituntut untuk selalu membuat produk, inovasi produk baik sekarang dan seterusnya. Pengembangan produk baru dan mengelola siklus produk meruakan tantangan besar bagi perusahaan. Pengembangan produk merupakan tanggung jawab dari line departemen manajemen produksi. 



Resiko apa bila tidak melakukan perkembangan produk :

Dapat kita ambil contoh dimana perusahaan mobile terkenal Nokia , mereka telat dalam mengantisipasi perkembangan produksi , sehingga pangsa pasar dari produk ini menurun drastis. Boming BB di indonesia membuat jatuhya pasaran penjualan nokia, hal ini dikareakan Nokia tidak melakukan inovasi baik dalam segi fitur dan lainnya.

Aplle dengan iphone bisa menguasai pasaran amerika, bukti dari inovasi dan perkembangan produk sangat penting bagi siklus hidup perusahaan.

Pengembangan produk tanggung jawan manajemen produksi , ini merupakan tantangan besar bagi perusahaan, perusahaan di tuntut kreatif dan jeli mengambil keputusan dan menyikapi peluang pasar yang ada.Tentu saja, di antara tanggung jawab orang-orang yang paling penting untuk manajemen produk adalah mereka yang peduli dengan mendorong pengembangan produk baru. Lebih sering kedua kegiatan tersebut ditangani oleh tim pemasaran dan karenanya manajer produk bertanggung jawab untuk mengerami produk baru dan membantu mereka untuk melakukan transisi dari ide untuk produk yang dapat digunakan.

Fungsi manajemen produk lintas fungsional di dalam dan departemen banyak jembatan. Misalnya, manajer produk harus bekerja sama dengan departemen teknik dan departemen penelitian dan desain dan sekaligus berkoordinasi dengan penjualan dan fungsi pemasaran. Para manajer produk juga harus memastikan bahwa keuangan dari produk yang diluncurkan adalah suara dan bahwa pendapatan yang diharapkan dari produk tersebut direalisasikan. Secara khusus, manajer produk mungkin harus menerjemahkan persyaratan dari produk baru yang diberikan kepadanya oleh tim penjualan dan pemasaran ke dalam spesifikasi teknis bahwa rekayasa dan departemen penelitian dan desain perlu. Kebalikannya juga bisa terjadi dimana manajer produk diminta untuk menyampaikan ide-ide untuk produk baru untuk tim penjualan dan pemasaran untuk kelayakan dan potensi pasar.

0 komentar:

Posting Komentar