Pages

Ads 468x60px

Kamis, 28 Juni 2012

MOTIVASI KONSUMEN


Motivasi merupakan  dorongan/tenaga pendorong pada diri individu/seseorang untuk melakukan sesuatu guna memenuhi kebutuhannya yang belum terpenuhi.

Secara umum, kebutuhan manusia sebagai individu terbagi menjadi dua, kebutuhan dasar dan kebutuhan perolehan.




Basic Need (Kebutuhan Dasar)
1 Bersifat fisiologis biogenis
2 Makanan, minuman, air, udara, pakaian, perumahan, seks
3 Disebut kebutuhan primer/motif primer

Acquired Need (Kebutuhan Perolehan)
1 Bersifat psikologis psikogenis
2 Memperoleh penghargaan diri, martabat, kasih sayang,kekuasan, pengetahuan
3 Disebut kebutuhan sekunder/motif sekunder 


Semua prilaku individu yang didorong motivasi-motivasi tersebut,  dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil yang diinginkan inilah yang  disebut sebagai sasaran.

Pemilihan ssasaran , bagi setiap individu berbeda satu sama lain, tergantung beberapa hal yakni,

   1. Pengalaman pribadi
   2. Kemampuan fisik
   3. Norma dan nilai yang berlaku
   4. Kemudahan mencapai sasaran

Dan dalam prakteknya, terdapat keterkaitan antara  kebutuhan dan sasaran tersebut. Walaupun pada kenyataannya pula, kesadaran orang akan “sasaran” cenderung kurang, dibanding kesadarannya akan “kebutuhan”. Orang cenderung lebih menyadari kebutuhan dasarnya/fisiologis ketimbang kebutuhan perolehan/psikologis.

Sebagai contoh, seorang politisi mungkin tidak menyadari betapa tingginya kebutuhannnya akan “kekuasan”, tapi ia secara rutin aktiv dalam pemilihan jabatan tertentu dalam pemerintahan.

0 komentar:

Posting Komentar